Posts Tagged ‘cara mencetak stiker murah’

Cetak Stiker Murah

Bagaimana cara mencetak stiker murah?

Stiker banyak digunakan untuk berbagai keperluan dan berbagai peruntukan. Disekitar kita banyak sekali barang-banrang yang dilengkapi stiker, misalnya kemasan produk, body mobil, motor, botol shampoo, sabun, botol kecap, botol saus, mainan anak-anak, undangan pernikahan, barang elektronika, poster kampaye calon Kepala Daerah dan calon Anggota Legislatif, promosi objek wisata, dan masih banyak lagi.

Nah jika Anda berencana mencetak stiker, ada beberapa hal yang mesti menjadi pertimbangan, agar kita bisa cetak stiker dengan harga murah. Berikut ini tips cara mencetak stiker murah:

Jika anda hanya butuh stiker beberapa lembar saja, baik keperluannya untuk sampel atau memang keperluan stikernya tidak banyak, misalnya hanya beberapa lembar saja, maka anda untuk menghemat biaya sehingga cetak stikernya murah, sebaiknya anda cetak dengan digital printing. Untuk ukuran A3+ (ukuran 32 x 45 cm) harga cetak stiker kromo full color berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per lembar. Jadi kalau anda perlu stiker ukuran 7 cm x 15 cm  sebanyak 10-12 lembar, cukup memesan 1 lembar A3+ seharga antara Rp. 10.000 – 20.000,-

Nah bagaimana kalau jumlah stiker yang diperlukannya banyak dan anda kontinyu menggunakannya? Maka agar anda bisa mendapatkan harga cetak stiker murah, ada baiknya anda memesan dalam jumlah besar. Karena dengan pemesanan dalam jumlah banyak harga satuan stiker yang diperoleh pun akan jauh lebih murah.

Sebagi contoh, jika anda mencetak 1000 lembar ukuran 5cm x 20 cm harganya katakanlah Rp. 700 per lembar, kalau bikinnya 2000 lembar harganya Rp. 400 per lembar, bikin 5000 lembar harga satuannya jadi Rp. 175 per lembar dan seterusnya.

Harga di atas hanyalah sebuah ilustrasi. Namun yang ingin saya tekankan, bahwa mencetak dalam jumlah banyak sampai jumlah tertentu, itu akan jauh lebih murah.

Faktor lain agar harga cetak stiker murah

Disamping bijak dalam menentukan jumlah dalam membuat atau mencetak stiker, juga kita mesti memilih bahan yang tepat, dan proses produksi yang tepat pula.

Untuk bahan, tentu kita sesuaikan dengan keperluannya untuk apa. Apakah anda mau menggunkan bahan stiker kromo, bahan HVS, bahan plastik atau vinyl. Harga stiker kromo misalnya per lembar Rp. 3000 an, sedangkan stiker kromo merek graftact harga per lembarnya dengan ukuran yang hampir sama dengan ukuran stiker kromo tadi Rp. 13.000 an, atau lebih dari 3 kali harga stiker kromo.

Proses cetak produksi stiker juga ikut menentukan harga stikernya. Kita mesti pintar-pintar memilihnya, apakah dengan proses sablon, digital printing, cetak dengan mesin kecil (mesin Toko misalnya), atau menggunakan mesin ofset besar. Harga tiap proses, serta keuntungan dan kekurangannya tentu berbeda.